Kamis, 17 Maret 2016

Ciri - ciri Khusus Makhluk Hidup Tumbuhan

Seperti halnya hewan, tumbuhan juga memiliki ciri - ciri khusus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
1.      Rongga udara pada akar dan batang pada teratai
Teratai biasa hidup mengapung di danau atau kolam. Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis, ciri ini berfungsi untuk mempermudah penguapan air dari tumbuhan teratai dan juga untuk menyerap cahaya matahari. Akar dan batang tumbuhan teratai mempunyai rongga - rongga udara yang berfungsi membawa oksigen ke akar dan batang. Dari oksigen ini teratai mampu bernapas meskipun batang dan akar terendam di air. Seperti halnya teratai, enceng gondok juga hidup mengapung di air (kolam atau danau).
2.      Batang penyimpan air pada tumbuhan kaktus 
Gurun merupakan tempat hidup katus. Pada saat hujan, kaktus mengumpulkan dan menyimpan banyak air. Batang kaktus yang berdaging berfungsi sebagai tempat penyimpan air. Daun kaktus permukaannya kecil, berbentuk seperti jarum atau duri. Permukaan daun yang kecil dari kaktus ini berfungsi untuk mengurangi penguapan air oleh karena itu tanaman kaktus tetap tumbuh meski dalam tanah yang kering.
3.      Nektar penarik serangga pada tumbuhan kantung semar 
Tumbuhan kantung semar adalah tumbuhan khas yang hidup di daerah rawa. Kandungan nitrogen pada daerah rawa sangat sedikit sehingga tumbuhan yang hidup di rawa tidak tercukupi kebutuhannya. Kantung semar untuk memenuhi kebutuhannya sangat bergantung pada serangga sebagai makanannya karena serangga mengandung banyak nitrogen. Daun yang berbentuk piala merupakan ciri dari tumbuhan kantung semar. Dinding daun kantung semar akan mengeluarkan nektar untuk menarik serangga. Serangga yang tertarik nektar, hinggap pada dinding daunnya yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dasar daun tersebut yang terdapat cairan. Cairan inilah yang mengurai dan melarutkan serangga untuk kemudian diserap oleh kantung semar.
4.      Bau bangkai pada tumbuhan bunga rafflesia 
Tumbuhan langka bernama rafflesia arnoldi memiliki bunga yang berbau bangkai. Bau bangka pada bunga ini berfungsi untuk menarik perhatian serangga (lalat). Lalat atau serangga dibutuhkan oleh bunga ini untuk membantu penyerbukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar