Minggu, 10 April 2016

Sistem Pencernaan Hewan Menurut Kelompoknya

Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki organ pencernaan yang berbeda – beda. Sistem pencernaan hewan dibedakan dari spesies kelompok hewan serta habitatnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa hewan yang hidup di darat memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan hewan yang hidup di air. Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai sistem pencernaan pada hewan menurut jenisnya:

- Sistem Pencernaan pada Hewan Pemamah Biak

Sistem pencernaan ada hewan memamah biak terdiri dari mulut, kerongkongan, rumen atau perut besar, reticulum atau perut jala, omasum atau perut kitab serta abomasums atau perut masam, dan usus besar, usus halus, rektrum dan anus.

- Sistem Pencernaan Burung

Sistem pencernaan hewan lainnya adalah burung yang terdiri dari mulut, tembolok, kerongkongan, kelenjar lambung, empedal atau lambung pengunyah, usus besar, usus halus, rektrum serta kloaka. Burung memiliki paruh yang kuat karena ia tidak memiliki gigi. Selain itu, lidah burung kaku karena ia dilindungi oleh zat tanduk. Sistem pencernaan burung akan melewati lambung dimana perit besar berada. Lambung pada burung terdiri dari kelenjar yang terletak di depan dan dibelakang.

- Sistem pencernaan reptil

Reptil adalah kelompok hewan melata. Reptil memiliki sistem pencernaan yang terdiri atas mulut, tenggorokan, lambung, usus serta kloaka. Selain itu, reptil memiliki kelenjar dalam sistem pencernaannya yang terdiri dari kelenjar ludah, hati dan pancreas. Pada mulut reptil didukung dengan adanya gigi , ludah dan lidah. Pertumbuhan gigi pada reptile terdapat di rahang atas dan rahang bawah.

- Sistem pencernaan amfibi

Amfibi merupakan hewan yang hidup di darat dan air. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, esophagus atau kerongkongan, lambung, usus serta kloaka. Rongga mulut pada hewan amfibi memiliki lidah, gigi dan kelenjar ludah. Selain itu, hewan amfibi memiliki gigi vomer atau gigi yang tumbuh di rahang dan langit – langit.

Itulah beberapa sistem pencernaan hewan menurut jenisnya dan setiap jenis hewan memiliki sistem pencernaan yang berbeda – beda satu sama lain.

Artikel lainnya:

Jumat, 01 April 2016

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami dan Cepat - Anda sedang mencari cara mengatasi ketombe secara alami dan cepat? Jika iya, informasi berikut ini tentu akan sangat menarik untuk anda baca. Ya, adanya ketombe di kulit kepala memang merupakan suatu hal yang sangat menjengkelkan karena terkadang gatal dan juga bisa mengurangi kepercayaan diri anda saat butiran-butiran putih tersebut jatuh di baju. Bagi anda yang sudah lelah dengan keadaan ketombe di kulit kepala anda yang semakin menjadi, informasi berikut ini tentu sangat membantu.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mengatasi ketombe salah satunya adalah dengan menggunakan shampoo penghilang ketomber tertentu yang banyak di jual di pasaran. Namun, jika cara tersebut nampaknya tidak mempan untuk ketombe anda, anda bisa beralih ke metode yang lainnya, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini.

1. Lidah buaya

Sudah bukan rahasia lagi jika daging lidah buaya sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah rambut dan ketombe ternyata adalah salah satunya. Cara membuatnya adalah dengan memotong lidah buaya kecil-kecil lalu haluskan lidah buaya tersebut untuk akhirnya dioleskan pada kulit kepala.

2. Jeruk nipis dan santan

Cara mengatasi ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis dan santan sebagai bahan utamanya. Disini, anda harus mencampurkan kedua bahan tersebut dengan menggunakan santan segar dan air perasan jeruk nipis. Setelah ramuan tersebut tercampur rata, barulah anda bisa mengaplikasikannya ke kulit kepala anda.

3. Minyak zaitun

Selain kedua bahan alami di atas, anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk mengatasi masalah ketombe yang anda alami. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit kepala yang membutuhkan lalu kemudian bersihkan rambut anda setelah didiamkan sekitar 30 menit.

Setelah mengetahui berbagai cara yang bisa anda ambil untuk menghilangkan ketombe secara tuntas di atas, anda juga perlu mengetahui bahwa anda harus melakukan tips-tips di atas dengan rutin dan teratur agar hasil yang maksimal bisa diraih. Demikianlah beberapa cara mengatasi ketombe secara alami.

Artikel lainnya:
tips mengobati rambut rontok secara tradisional
manfaat daun jeruk nipis untuk kecantikan
cara cepat mengatasi rambut bercabang secara alami
cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis
manfaat bayam pada tubuh
kandungan jagung untuk kesehatan
manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan
khasiat daun sukun utk kesehatan
manfaat protein bagi tubuh kita
manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan